Call for Paper Jurnal Meteorologi dan Geofisika

Jurnal Meteorologi dan Geofisika (JMG) merupakan jurnal penelitian ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil pencapaian penelitian dan pengembangan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara, dan Geofisika. Terbit 3 kali dalam setahun dan terbit pertama kali tahun 2000. Memperoleh akreditasi dari LIPI sebagai jurnal ilmiah dengan nomor akreditasi: 403/AU/P2MI/04/2012 yang berlaku 3 tahun (Mei 2012 – Mei 2015). Saat ini masih dalam proses pengajuan akreditasi ulang di LIPI.

Redaksi jurnal mengundang para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika untuk mendaftarkan naskah hasil penelitian yang belum pernah diterbitkan atau sedang diajukan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah lain.

JMG menggunakan dua metode penelaahan (review). Penelaahan awal (initial review): dilakukan oleh dewan editor untuk memastikan bahwa setiap naskah yang diterima termasuk dalam topik penelitian di JMG, struktur penulisan memenuhi persyaratan JMG dan naskah tidak dipengaruhi oleh kepentingan komersial. Naskah yang tidak memenuhi kriteria minimum akan dikembalikan kepada penulis dengan catatan. Penelaahan mitra bestari (peer review): jika naskah yang diterima telah sesuai dengan kriteria, maka akan ditelaah oleh mitra bestari (reviewers) sesuai dengan bidang kepakaran. Naskah akan ditelaah oleh dua atau tiga mitra bestari. Keputusan akhir (Final decision): berdasarkan rekomendasi dari mitra bestari, editor akan memutuskan apakah sebuah naskah diterima, perlu revisi, atau ditolak. Keputusan akhir ini akan diberitahukan kepada penulis melalui surat elektronik (e-mail) bersama dengan catatan dari mitra bestari.

Petunjuk pendaftaran naskah bisa dibaca di bagian Petunjuk Penyerahan Naskah. Format naskah JMG bisa diunduh di bagian Template Artikel. Struktur naskah bisa dibaca di bagian Petunjuk Penulis pada bagian Tentang Kami