RELOKASI DAN DISTRIBUSI b-VALUE GEMPABUMI SWARM JAILOLO, HALMAHERA BARAT

Yanuarsih Tunggal Putri, Nova Heryandoko, wandono wandono, Rivai Marulak, Suwardi Suwardi, Zulfikar Zulfikar, Barkah Yuniarto, Lutfi Pary, Basri Kamaruddin

Abstract


Aktivitas kegempaan di daerah Jailolo meningkat tajam pada bulan November sampai Desember 2015, dimana terjadi fenomena gempabumi swarm pada rentang waktu tersebut. BMKG pusat Jakarta mencatat 96 gempabumi dengan magnitude antara 2,5 sampai 4,8. Sedangkan stasiun geofisika BMKG wilayah Ternate mencatat 1185 gempabumi dengan magnitude 1,1 sampai 5,1 menggunakan single station. Sejumlah 33 gempabumi dirasakan dengan intensitas antara dua sampai dengan empat MMI dengan beberapa kerusakan pada rumah warga dan sarana umum. Relokasi gempabumi dilakukan menggunakan data BMKG pusat dengan metode MJHD. Relokasi gempabumi bertujuan untuk meningkatkan akurasi gempabumi yang terjadi dengan lebih baik. Penghitungan b-value di daerah Jailolo menggunakan data gempabumi single station dari stasiun geofisika Ternate dilakukan untuk mengetahui distribusi dan karakteristik b-value di daerah tersebut. Hasil relokasi gempabumi menunjukkan gempabumi swarm yang terjadi terkonsentrasi pada 127,4° - 127,6° BT dengan perbaikan pada distribusi kedalaman dimana sebagian besar gempabumi terjadi pada kedalaman kurang dari 20 km. Sedangkan hasil penghitungan nilai b-value menunjukkan daerah dengan konsentrasi gempa memiliki nilai b-value cukup tinggi (± 1). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gempabumi swarm yang terjadi kemungkinan dipengaruhi oleh aktivitas vulkanik. Namun penelitian lebih lanjut diharapkan dapat dilakukan untuk lebih memahami penyebab dan karakteristik gempabumi swarm tersebut.


Keywords


Swarm;Relokasi;MJHD;b-value;ZMAP;Jailolo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

JMG Indexed by:

 

 

JMG on Progress Indexed by:

 EBSCOhost

 

PUBLISHED BY:

Pusat Penelitian dan Pengembangan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
» http://puslitbang.bmkg.go.id/jmg

Jurnal Meteorologi dan Geofisika

e-ISSN : 2527-5372

p-ISSN : 1411-3082

 

Address : Jl. Angkasa 1 No. 2 Kemayoran, JAKARTA PUSAT 10720
» Tel / fax : (021) 6586 6238 ; 0815 7472 3865 / (021) 6586 6238

Email Cordinatorthomas.hardy@bmkg.go.id

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Meteorologi dan Geofisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.