BUKU


Klik gambar untuk mengunduh.

Judul: GEMPABUMI EDISI POPULER

Penulis: Sunaryo, M. Taufik Gunawan, Sugeng Pribadi

Buku berjudul Prekursor Gempabumi ini terdiri atas 4 bab yang mencakup pendahuluan, proses terjadinya gempabumi, pendekatan baru dalam prekursor gempabumi, dan aplikasi penelitian prediksi gempabumi berdasarkan kemunculan prekursor gempabumi. Buku ini merupakan manifestasi dari gabungan pengalaman dalam penelitian, seminar, workshop dalam bidang geofisika khususnya prediksi gempabumi, serta pengalaman mengajar mata kuliah Prediksi Gempabumi di Akademi Meteorologi dan Geofisika.
Buku ini banyak terinspirasi dari hasil penelitian penulis, kolega penulis, dan taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika dalam membuat tugas akhir pendidikan. Buku ini mencakup aspek materi yang berisi contoh hasil capaian penelitian tentang prekursor gempabumi di Indonesia.

Judul: ATMOSFER EKUATORIAL

Penulis: Bayong Tjasyono H.K., Sri Woro B. Harijono

Buku Atmosfer Ekuatorial diperuntukkan bagi para peneliti, mahasiswa program doktor, dan para ilmuwan di bidang sains kebumian, baik di lembaga pendidikan maupun di lembaga penelitian. Isi buku ini antara lain membahas tentang atmosfer di atas wilayah ekuatorial, refraksi troposfer di atas benua maritim Indonesia, radiasi di lintang rendah, intensitas insolasi, dan efek radiasi terestrial terhadap lingkungan. Variasi non musiman sirkulasi ekuatorial, osilasi kuasi dua tahunan, osilasi temperatur osean Pasifik dan Hindia, variasi harian sirkulasi tropis, dan angin-angin lokal. Sirkulasi monsun ekuatorial, mekanisme monsun, sistem monsun Indonesia, dan "gelombang dingin". Curah hujan tropis dan ekuatoria, proses mikrofisis awan dan hujan, efek elevasi terhadap curah hujan, hujan monsun ekuatorial, distribusi curah hujan, intensitas hujan, banjir dan kekeringan. Iklim tropis dan ekuatorial, klasifikasi iklim di Indonesia, iklim monsun ekuatorial, dan perubahan iklim.

Judul: INDEKS DAN PEREDARAN ATMOSFER TROPIK

Penulis: Soerjadi Wirjohamidjojo, Yunus Subagyo Swarinoto

Buku "Indeks dan Peredaran Atmosfer Tropik" membahas tentang nilai-nilai suatu besaran yang digunakan sebagai referensi untuk menyatakan keadaan atmosfer. Buku ini merupakan kelengkapan dari Buku Analisis Penaksiran Sinoptik yang telah diterbitkan sebelumnya oleh BMKG. Dari segi ilmunya, isi buku ini termasuk dalam kategori meteorologi sinoptik sebagai bahan dari bidang meteorologi terapan.
Secara sistematik materi yang dibahas disusun dalam enam bab. Bab I sebagai pendahuluan memuat tentang definisi dan pengertian-pengertian dasar kegunaan tentang indeks dalam meteorologi dan klimatologi. Bab II memuat tentang konsep-konsep dasar fisika dan dinamika yang digunakan untuk menandai keadaan atmosfer dari segi dinamika peredaran. Dalam Bab III dibahas tentang indeks atmosfer yang berkaitan dengan sifat ketakmantapan atmosfer. Pembahasan berkisar kepada hal-hal yang berkaitan dengan kecenderungan gerak bagian-bagian atmosfer dalam arah vertikal. Selanjutnya dalam Bab IV dibahas tentang indeks yang berkaitan dengan sistem gerak atmosfer. Pembahasan berangkat dari pandangan bahwa gerak atmosfer dikendalikan oleh adanya kakas (gaya) dan energi dari luar. Meskipun tidak secara rinci, pembahasan meliputi penggunaan dari hukum-hukum kekekalan momentum, hukum kekekalan energi dan hukum kekekalan massa serta pandangan bahwa atmosfer terdiri dari gas yang memenuhi hukum gas ideal.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: METEOROLOGI INDONESIA I

Penulis: Bayong Tjasyono H.K.

Buku Meteorologi Indonesia I ini disusun berdasarkan pengalaman memberi kuliah-kuliah pada Program Sarjana Meteorologi dan program Pascasarjana (Magister dan Doktoral) ilmu Kebumian bidang khusus Sains Atmosfer di Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral, Institut Teknologi Bandung. Naskah Meteorologi Indonesia juga ditunjang oleh pengalamam penelitian di bidang Meteorologi dan Sains Atmosfer yang dibiayai oleh ITB, BMKG, Depdiknas, RUT, Bank Dunia, dll.
Pada dasarnya buku ini dapat dimanfaatkan untuk umum, namun lebih khusus sebagai buku referensi operasional penelitian dan pengembangan bidang Meteorologi di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Buku ini dapat dimanfaatkan sebagai buku ajar pada fakultas-fakultas ilmu kebumian, kelautan, geografi, lingkungan, pertanian, kehutanan, geohidrologi, hidrologi, meteorologi, sains atmosfer, dll.
Buku Meteorologi Indonesia Volume I membahas posisi Indonesia secara geografis dan meteorologis, aplikasi dan divisi meteorologi, komposisi dan struktur atmosfer, sifat fisis atmosfer Indonesia, proses transmisi panas dan pemanasan atmosfer, insolasi dan teori radiasi benda hitam, gerak fluida atmosferik, sirkulasi atmosfer global dan lokal, serta siklon tropis di sekitar perairan Indonesia.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: METEOROLOGI INDONESIA II

Penulis: Bayong Tjasyono H.K., Sri Woro B. Harijono

Buku Meteorologi Indonesia Volume II ini adalah bagian lanjutan dan pengembangan dari Meteorologi Indonesia Volume I. Buku ini membahas lima komponen lapisan bumi pembentuk iklim, bentuk-bentuk kondensasi dan presipitasi (endapan) via mekanisme kolisi-koalisensi, dan via mekanisme kristal es, awan konvektif di atas Indonesia, hujan monsun ekuatorial Indonesia, fenomena banjir dan kekeringan di Indonesia, listrik atmosfer, badai guruh, teori elektrifikasi awan guruh, kilat dan guruh, dan skala Fujita tornado.
Setiap bab kajian pada buku ini diakhiri dengan resume agar para pembaca dapat memahami sari (ringkasan) kajian utama dalam masing-masing bab.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: METEOROLOGI SINOPTIK

Penulis: Soerjadi Wirjohamidjojo, Yunus Subagyo Swarinoto

Buku Meteorologi Sinoptik berisi uraian tentang teknik dasar menganalisis unsur-unsur meteorologi serta teknik menaksir hasil analisis yang diharapkan dapat digunakan oleh para pembaca, utamanya para pengamat dan prakirawan cuaca, yang bermaksud memahami lebih jauh perilaku unsur cuaca di sekeliling kita. Buku tersebut merupakan kelengkapan dari Buku Meteorologi Praktik yang telah diterbitkan lebih dulu pada tahun 2006; meskipun dalam bidang ilmunya isi buku tersebut termasuk dalam Meteorologi Sinoptik sebagai bagian dari bidang Meteorologi Terapan. Meskipun dewasa ini berbagai teknik analisis dan perhitungan numerik sudah dapat dilakukan melalui sarana komputer dengan mengoperasikan berbagai perangkat lunak, namun teknik dasarnya masih sangat diperlukan untuk dapat memahami pola-pola cuaca yang dihasilkan. Pola-pola cuaca hasil dari analisis merupakan gambaran dari keadaan unsur yang dianalisis pada saat itu yang masih perlu dicari makna yang terkandung di dalam pola-pola tersebut. Untuk mengetahui makna hasil analisis tersebut diperlukan teknik penaksiran yang menggunakan pendekatan teori fisika dan dinamika yang tidak semuanya dapat dilakukan dengan komputer. Oleh karena itu, dalam buku ini teknik penaksiran dibahas lebih banyak. Secara sistematik materi yang dibahas disusun dalam lima bab. Bab I sebagai pendahuluan memuat tentang definisi dan pengertianpengertian dasar analisis cuaca serta hal-hal yang berkaitan dengan analisis dan penaksiran hasil analisis sinoptik. Bab II memuat tentang konsep-konsep dasar fisika dan dinamika yang digunakan untuk menganalisis dan membuat penaksiran hasil-hasil analisis. Selanjutnya berkaitan dengan macam dan adanya data, materi yang dibahas dikelompokkan menjadi tiga yang disusun dalam tiga bab, yakni dalam bab III, IV, dan V. Bab III berisi tentang teknik analisis dan penaksiran hasil analisis dari data cuaca permukaan dari satu stasiun pengamatan. Bab IV berisi bahasan tentang teknik analisis dan penaksiran hasil analisis data udara atas dari satu stasiun pengamatan. Selanjutnya dalam Bab V dibahas tentang teknik analisis dan penaksiran dari data cuaca permukaan dan data udara atas dari banyak stasiun pengamatan.
Judul: PRAKTEK METEOROLOGI KELAUTAN

Penulis: Soerjadi Wirjohamidjojo, Sugarin

Buku ini berisi uraian tentang informasi cuaca dalam kaitannya dengan kegiatan kelautan. Buku ini disajikan kepada masyarakat meteorologi dan masyarakat kelautan khususnya dan masyarakat lain pada umumnya dengan maksud untuk memberi tambahan pengetahuan tentang meteorologi yang diperlukan dalam kegiatan kelautan. Mengingat bahwa kegiatan kelautan terus meningkat, maka aturan-aturan yang berkaitan dengan meteorologi kelautan juga terus menerus disesuaikan. Oleh karena itu, contoh-contoh mengenai berbagai hal yang diambil dari aturan-aturan atau rujukan yang pada saat itu berlaku mungkin tidak lagi sama dengan aturan-aturan yang diubahsetelah buku ini diterbitkan. Uraian dalam buku ini dimaksudkan sebagai pengetahuan tentang apa dan bagaimana informasi cuaca dimanfaatkan dalam kegiatan kelautan. Isi buku disusun dalam enam bab dengan sistematika sebagai berikut Bab I Pendahuluan, Bab II Kegiatan Kelautan, Bab III Sistem Cuaca Laut, Bab IV Sistem Informasi Cuaca Laut, Bab V Penyajian Informasi Cuaca Laut, Bab VI Dampak Dan Kegunaan Cuaca Dalam Kegiatan Kelautan.
Judul: PRAKTEK METEOROLOGI PERTANIAN

Penulis: Soerjadi Wirjohamidjojo, Yunus Subagyo Swarinoto

Buku ini berisi uraian tentang macam dan penggunaan informasi cuaca untuk kegiatan pertanian. Buku tersebut dimaksudkan untuk disajikan kepada masyarakat meteorologi dan masyarakat pertanian khususnya, dan masyarakat lain pada umumnya, untuk dapat memberi tambahan pengetahuan tentang meteorologi yang berkaitan dengan kegiatan pertanian. Uraian dalam buku ini tidak dimaksudkan sebagai suatu petunjuk teknis tentang bagaimana penyelenggaraan kegiatan meteorologi dalam pertanian, melainkan hanya membicarakan tentang apa dan bagaimana cuaca dan informasi cuaca diperlukan dalam kegiatan pertanian.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: CUACA DAN IKLIM EKSTRIM DI INDONESIA

Penulis: Dedi Sucahyono, Kukuh Ribudiyanto

Buku Cuaca dan Iklim Ekstrim di Indonesia bertujuan untuk menambah referensi di bidang meteorologi dan klimatologi, secara sistematik materi yang dibahas disusun dalam enam Bab. Bab I sebagai pendahuluan memuat pandangan cuaca dan iklim esktrim secara global. Bab II memuat pemahaman tentang atmosfer, komposisi atmosfe, cuaca, iklim dan musim. Bab III menjabarkan tentang tahap persiapan data, mulai dari kualitas, pengontrolan data histori,dan pengamatan harian, serta homogenitas data. Bab IV memuat tentang analisa iklim ekstrim, mencakup penentuan nilai ektrim statistika klasik, contoh analisis sederhana iklim ekstrim dan contoh data ekstrim di beberapa wilayah Indonesia, deskriptif indeks ekstrim modern, dan pemodelan statistik ekstrim. Bab V memuat tentang indeks tren sebagai indikator iklim ekstrim moderat, berdasar pemetaan melalui curah hujan di Indonesia, kaitannya dengan el nino dan la nina. Pada bab VI secara umum dijabarkan tentang cucaca ekstrim di Indonesia.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: GAS RUMAH KACA DAN PERUBAHAN IKLIM DI INDONESIA

Penulis: Dodo Gunawan, Kadarsah

Tujuan pembuatan buku literatur ini adalah menambah referensi khususnya pada kegiatan penelitian dibidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika. untuk pembaca pada umumnya, buku ini dapat dijadikan referensi dalam memahami perubahan iklim. Buku literatur ini memberikan gambaran mengenai metodologi dan hasil analisis terhadap Gas Rumah Kaca (GRK) yang didasarkan simulasi iklim di Indonesia menggunakan RegCM4 dan observasi yang dilakukan oleh Tim Puslitbang BMKG dan lembaga riset lainnya.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: IKLIM KAWASAN INDONESIA

Penulis: Soerjadi Wirjohamidjojo, Yunus Subagyo Swarinoto

Informasi cuaca dan iklim sangat diperlukan bagi pembangunan ekonomi pada umumnya. Namun di sisi lain, pengetahuan dan informasi tentang cuaca dan iklim yang diperlukan masih kurang. Disamping itu dari aspek cuaca dan iklimnya sendiri, kawasan Indonesia mempunyai ciri yang khusus dan rumit, antara lain berkenaan dengan lokasinya di sekitar khatulistiwa yang berbatasan dengan lautan India, lautan Pasifik, dan kaitannya dengan monsun Asia dan Australia, bentuk topografi orientasi dan struktur kepulauan. Oleh karena itulah untuk membantu memenuhi keperluan informasi tersebut, penulis tergerak untuk menyusun buku berjudul "Iklim Kawasan Indonesia".
Buku ini membicarakan tentang iklim kawasan Indonesia dari aspek dinamis dan sinoptis yang disusun dengan bertitik tolak dari konsep pemikiran bahwa cuaca dan fenomena yang terjadi adalah hasil dari interaksi berbagai sistem bumi-laut-udara-biosfer, yang digerakkan oleh energi sinaran matahari. Dengan dasar konsepsi tersebut, maka sistematika penyusunan isinya dibagi dalam enam bab.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: KAMUS ISTILAH PERUBAHAN IKLIM

Penulis: Edvin Aldrian, Dedi Sucahyono

Buku Kamus Istilah Perubahan Iklim ini disusun untuk memenuhi kebutuhan pengguna mengingat banyaknya berbagai istilah perubahan iklim masih yang belum dipahami.
Kamus Perubahan Iklim ini disusun dari istilah-istilah perubahan musim yang termuat dalam Assement Report (AR) dari Intergoverrnmental Panel Climate Change (IPCC) dari tahun ke tahun.
Judul: LAYANAN KUALITAS UDARA DARI HUJAN ASAM HINGGA GAS RUMAH KACA

Penulis: Edvin Aldrian, Edison Kurniawan, Sheila D. A. Kusumaningtyas

Meskipun permasalahan kualitas udara mempengaruhi hajat hidup orang banyak karena menentukan kualitas udara yang dihirup tetapi buku-buku yang menyediakan baik penjelasan permasalahan, studi, riset maupun layanan monitoring kualitas udara sangat langka. Selain itu juga diketahui bahwa banyak program studi ilmu lingkungan yang mengajarkan beberapa aspek mengenai kualitas udara tetapi jumlah bahan bacaan yang ada sangat tidak memadai. Sesungguhnya kualitas udara menunjukkan kualitas hidup. Namun demikian pengukuran dan studi kualitas udara di Indonesia merupakan hal yang tidak populer. Buku ini mencoba merangkum berbagai layanan kualitas udara yang tersedia di Indonesia khususnya yang diberikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.
BMKG menerima mandat melakukan pengukuran dan pelayanan dari Badan Meteorologi dunia atau World Meteorologiccal Organization. Pengukuran dari BMKG telah menjadi bagian jaringan dunia dalam layanan pengukuran kualitas udara. Pada banyak kasus memang permasalahan kualitas udara tidak dapat dipungkiri lagi adalah permasalahan lintas batas dimana permasalahan kualitas di suatu negara berakibat pada penurunan kualitas udara di negara lain. Permasalahannya adalah kualitas udara yang mengikuti sirkulasi atmosfir sehingga dapat beredar diluar political boundary atau batas negara.

Klik gambar untuk mengunduh.
Judul: MIKROFISIKA AWAN DAN HUJAN

Penulis: Bayong Tjasyono H.K.

Buku ini difokuskan pada aspek mikrofisika awan, khususnya yang melibatkan proses-proses pembentukan dan pertumbuhan awan dan presipitasi (tetes hujan dan kristal es) yang dikendalikan oleh proses-proses berskala sangat kecil, antara lain termodinamika udara dan proses fisis uap air. Selain itu, aerosol atmosferik sebagai inti kondensasi awan juga berperan penting dalam proses pengintian heterogen. Awan terbentuk jika udara menjadi kelewat jenuh terhadap air cair atau dalam beberapa kasus terhadap es. Pertumbuhan tetes awan panas menjadi hujan melalui kondensasi (difusi molekul-molekul uap air) yang disusul dengan koleksi butiran-butiran awan. Dalam awan dingin yang mengandung campuran tetes awan kelewat dingin dan kristal es, pertumbuhan partikel presipitasi melalui mekanisme kristal es. Dalam buku ini juga dibahas mengenai modifikasi cuaca berdasarkan prinsip-prinsip mikrofisika awan dan hujan beserta aplikasinya, seperti peningkatan curah hujan, pembuyaran kabut, penindasan batu es, dan melerai siklon tropis. Buku Mikrofisika Awan dan Hujan dapat dibaca dan dimanfaatkan oleh para peneliti di bidang sains atmosfer dan meteorologi. Selain itu, dapat juga dipakai sebagai buku ajar dalam kuliah-kuliah program Sarjana, Magister, dan Doktoral di bidang Sains Atmosfer, Fisika Atmosfer, Meteorologi Fisis, Modifikasi Cuaca, Agrometeorologi, Teknik Lingkungan, dan lain-lain.